Social Icons

Pages

Kamis, 08 November 2007

Pakku-Suremana

Sulawesi Barat adalah provinsi pengembangan provinsi Sulawesi Selatan. Provinsi yang dibentuk pada 5 Oktober 2004 ini berdasarkan UU No 26 Tahun 2004. Ibukotanya ialah Mamuju. Luas wilayah sekitar 16,796.19 km². dan terdiri dari Suku Mandar (49,15%), Toraja (13,95%), Bugis (10,79%), Jawa (5,38%), Makassar (1,59%) dan lainnya (19,15%). Provinsi ini sebenarnya sudah sejak tahun 1950 diperjuagkan namun baru terwujud pada tahun 2004. Ada yangmengatakan terbentuknya Presiden RI- 5 Megawati Soekarno Putri mengajukan syarat kepada rakyatSulawesi Barat berupa dukungan pada Pilpres tahun itu dengan imbalan terbentuknya SulBar.

Sekarang Sulbar telah terbentuk di atas bekas kerajaan pitu ullunna Salu dan pitu baqbana Binanga yang terbentang dari pakku ( Polewali Mandar ) sampai Suremana (Mamuju Utara).

Yang masih hangat diperbincangkan adalah penempatan Mamuju sebagai ibukota provinsi, letak ibukota, dan wacana pembentukan kabupaten Balanipa.





Sumber Kekayaan Alam
Sulawesi Barat dikenal sebagai lokasi wisata. Selain kakao, daerah ini juga penghasil kopi robusta ataupun kopi arabika, kelapa, dan cengkeh. Di sektor pertambangan terdapat kandungan emas, batubara, dan minyak bumi.


Pemerintahan
Pemerintahan daerah ini dipimpin oleh seorang Kepala Daerah Tingkat II, Provinsi dan Wakil Gubernur. Anwar Adnan Saleh


Kabupaten dan Kota:
Kabupaten Majene
Kabupaten Mamasa
Kabupaten Mamuju
Kabupaten Mamuju Utara
Kabupaten Polewali Mandar

Tidak ada komentar: