Social Icons

Pages

Jumat, 30 April 2010

Defenisi Administrasi Publik

Alhamdulillah

ADMINISTRASI
Secara etimologis, administrasi adalah : melayani, mengendalikan, melaksanakan, membantu, menerapkan, memenuhi, menyelenggarakan, mengarahkan, mengelola, mendayagunakan, menghasilgunakan, menjalankan, mengemudikan, mengatur, mengurus, mengusahakan

PUBLIK Berasal dari bahasa Inggris public yang berarti umum, masyarakat atau negara. Kata publik itu sendiri mempunyai arti sejumlah manusia yang memiliki kebersamaan berpikir, perasaan, harapan, sikap, dan tindakan yang benar dan baik berdasarkan nilai-nilai norma yang mereka miliki (Inu Kencana Syafiie “Ilmu Administrasi Publik”)

Birokrasi Maximilliam Weber
Birokrasi
Birokrasi berasal dari kata bureaucracy, suatu organisasi yang memiliki rantai komando berbentuk piramida, dimana lebih banyak orang berada ditingkat bawah daripada tingkat atas, biasanya ditemui pada instansi administrasi
dan militer
Birokrasi
Suatu konsep sosiologi dan sains politik yang merujuk pada bagaimana cara pemerintah melaksanakan dan membuat peraturan-peraturan yang sah secara sosial.
Ciri Penting Birokrasi (Max Weber)
Organisasi ditetapkan berdasarkan hubungan yang ditetapkan dalam bentuk jabatan;
Tujuan organisasi diuraikan dalam bentuk tugas yang dibagi pada jabatan sebagai suatu kewajiban formal;
Kewenangan untuk melaksanakan kewajiban diberikan melalui jabatan yang diemban;
Garis kewenangan dan jabatan diatur berdasarkan hierarkhi;
Berdasarkan sistem dan aturan yang bersifat umum dan tegas;
Prosedur bersifat formal dan impersonal;
Sikap dan prosedur merupakan suatu sistem disiplin dalam organisasi;
Anggota organisasi harus dapat memisahkan dengan jelas antara kepentingan pribadi dan organisasi;
Rekruitmen berdasarkan kecakapan teknis;
Kenaikan jabatan berdasarkan senioritas dan prestasi kerja;



Relevansi Positif
Hirarkhis;
Kecakapan teknis;
Anti Nepotisme;
Kejelasan tugas dan jabatan;
Sistem formal yang jelas

Relevansi Negatif
Sistem sentralized;
Senioritas;
Bersifat tertulis;
Miskin pertimbangan moral/kemanusiaan;
Ketiadaan pertimbangan hubungan organisasi dengan masyarakat.
Organisasi (M.Weber)
Sekelompok orang yang terbiasa mematuhi perintah para pemimpinnya dan yang tertarik pada kelanjutan partisipasi mereka dan keuntungan yang dihasilkan, yang membagi diantara mereka praktek-praktek dari fungsi tersebut yang siap melayani untuk praktek mereka.
Organisasi (Dwight Waldo)
Struktur hubungan kekuasaan dan kebiasaan orang-orang dalam suatu sistem administrasi
Organisasi (Wexlwy & Yulk)
Pola kerjasama antara orang-orang yang terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang saling berhubungan untuk mencapai tujuan tertentu
Organisasi (Stephen Robinson)
Kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuag batasan yang relatif dapat diidentifikasi , yang bekerja atas dasar relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

Tidak ada komentar: