Social Icons

Pages

Minggu, 18 April 2010

Gak semua yang loe lakuin itu dianggap benar.....

Alhamdulillah

Al Quran memang selalu benar. Dalam surah Luqman diceritakan kisah Luqman dan anaknya yang membawa keledai namun selalu dinilai salah orang lain. Di kampong A mereka mengatakan anaknya durhaka karena membiarkan ayahnya menuntut keledai lantas anaknya di atas keledai. Di kampong B orang tuanya dianggap tidak menyayangi anaknya karena membiarkan anaknya menuntun keledai. Di kampong C kemudian tak satupun dari mereka yang naik di atas keledai dan mereka dianggap orang bodoh karena tidak memanfaatkan si keledai. Lalu si Bapak bernasihat kepada anaknya bahwa sekalipun yang anda lakukan itu benar namun belum tentu dinilai benar oleh orang lain.

Ketika anda melakukan suatu kerja dakwahpun maka bukan tidak mungkin apa yang telah anda lakukan mendapat koreksi yang bermacam-macam dan dari sumber mana saja. Anda mungkin mendapat koreksi mulai dari orang yang memang tidak suka dengan dakwah, orang yang sekuler, orang yang menganggap anda terlalu over sibuk, sampai dari kalangan aktivis dakwah sendiripun mungkin yang berbeda manhajnya.

Namun kadangkala, koreksi yang dilakukan oleh mereka yang memang mengerti tentang aktivitas dakwah bersifat membangun untuk pengembangan program selanjutnya. Koreksi seperti inilah yang saya butuhkan. Bukan koreksi yang menjatuhkan wibawa dan semangat saya di depan umum karena hanya sedikit kesalahan hirarki.

Konsep hirarki yang mengharuskan seorang bawahan meminta izin atas segala tindak tanduknya itu mungkin dalam keaadaan darurat bisa hilang dan ketika keaadaan darurat sudah berlalu maka ramai-ramailah orang menuntut pertanggungjawaban dari si pengguna keaadaan darurat.

1 komentar:

ijul mengatakan...

Hukum Yg Sy Percayai adalah HUKUM dalam ISLAM